Selasa, 14 Februari 2017

Lembar Kegiatan Pengaruh Limbah Deterjen terhadap Perilaku Ikan

Lembar Kerja Siswa

Nama:            …………………………… 
Kelas/No       : …………… 
Kelompok     : ……………………

Lembar Kegiatan
Pengaruh Limbah Deterjen terhadap Perilaku Ikan

Tujuan
Menyelidiki pengaruh limbah deterjen terhadap perilaku ikan

Masalah
Setiap makhluk hidup memiliki kemampuan adaptif terhadap perubahan lingkungan di habitatnya. Misalnya,  ikan Mas dapat hidup pada habitat air dengan derajat keasaman yang relatif normal dengan nilai pH 7. Perubahan lingkungan perairan yang dicemari limbah deterjen, pH air lingkungan itu akan meningkat lebih dari 7. Mungkinkah limbah deterjen mempengaruhi  perilaku ikan Mas? Perubahan perilaku ikan Mas dapat diamati antara lain berapa kali tutup insang (operculum) membuka/menutup selama 1 menit.

Pertanyaan penelitian
Dari pernyataan tersebut, tuliskan sebuah pertanyaan penelitian.
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Hipotesis
Berdasarkan permasalahan di atas, bersama kelompok rumuskan hipotesismu!
Hipotesis penelitian: …………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………..

Bahan dan Alat
·         Toples, gelas kimia volume 250 ml 4 buah
·         Air
·         Air bersih
·         Air sabun
·         Ikan Mas (bisa diganti yang lain) 4 ekor
·         Sabun (sabun mandi, sabun cuci piring, sabun cuci pakaian)  atau deterjen
·         Stopwatch
·         Gelas ukur 250 ml
·         Termometer
·         Kertas lakmus, pH Universal


Merancang Langkah-langkah Eksperimen
Rancanglah prosedur eksperimen untuk menguji hipotesismu.
Gunakan gambar di atas untuk memandu Anda dalam menyusun prosedur tersebut dengan menggunakan berbagai alat dan bahan yang sudah disediakan.
……………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Melakukan Eksperimen
Setelah rancangan prosedur disusun, laksanakan eksperimennya. Simpanlah perangkat eksperimen ditempat yang aman.

Perhatian :Jangan lupa mencuci tangan setelah mengambil ikan atau deterjen dan meletakkan ikan dalam toples!

Hasil Penyelidikan
Tuliskan hasil pengamatanmu (data) dan organisasikan dalam suatu tabel.

Analisis
  1. Mengamati dan inferensi. Apakah perilaku ikan berbeda antara  perlakuan (jenis-jenis deterjen ) itu? Bila ya, bagaimana ? ……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………...

Kesimpulan
  1. Menyimpulkan. Sebutkan faktor tak hidup yang diuji dalam eksperimen ini. Sebutkan faktor hidup yang dipengaruhi ? …………………………………………..
……………………………………………………………………………………………...
  1. Inferensi. Apakah semua ikan merespon terhadap perbedaan pH dengan cara yang sama ? Bagaimana Kamu mencari tahu ?Adakah upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya pencemaran tersebut?Bagaimana caranya? ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Berpikir Kritis
4.      Bagaimanakah perilaku ikan jika di perairan tercemar oleh limbah yang lain, misalnya minyak, pupuk, pestisida, dan lain-lain?
            ………………………………………………………………………………………………
            ………………………………………………………………………………………………
            ………………………………………………………………………………………………
Penguatan
Setelah melakukan penyelidikan di atas, jawablah pertanyaan berikut.
5.      Dengan menggunakan kalimatmu sendiri, tuliskan apa yang dimaksud dengan pencemaran lingkungan.
Pencemaran lingkungan adalah ………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
6.      Dengan memperhatikan hasil penyelidikan dan berbagai pustaka, tuliskan cara-cara untuk mengurangi pencemaran, khususnya pencemaran oleh limbah deterjen.
Cara-cara mengurangi limbah deterjen di perairan ……………………………….....
.……………………………………………………………………………………..……………………………………………………………………………………...........................
7.      Tuliskan tiga ciri-ciri pencemaran!………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
8.      Penyelidikan yang telah kamu lakukan termasuk jenis pencemaran yang mana? Mengapa termasuk jenis pencemaran tersebut? ……………………………………. ………………………………………………………………………………………………
9.Tuliskan contoh lingkungan yang tercemar!……………………………………………………………………………………………..……………………………………………………………………………………………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar