Lembar
Kerja Siswa
Nama: ……………………………
Kelas/No : ……………
Kelompok : ……………………
Lembar
Kegiatan
Tujuan
Menyelidiki pengaruh limbah deterjen
terhadap perilaku ikan
Masalah
Setiap
makhluk hidup memiliki kemampuan adaptif terhadap perubahan lingkungan di
habitatnya. Misalnya, ikan Mas dapat hidup
pada habitat
air dengan derajat keasaman yang
relatif normal dengan nilai pH 7. Perubahan
lingkungan perairan yang dicemari limbah deterjen, pH air lingkungan itu akan
meningkat lebih dari 7.
Mungkinkah limbah deterjen mempengaruhi perilaku
ikan Mas?
Perubahan perilaku ikan Mas dapat diamati antara lain berapa kali tutup insang
(operculum) membuka/menutup selama 1 menit.
Pertanyaan
penelitian
Dari pernyataan tersebut, tuliskan
sebuah pertanyaan penelitian.
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Hipotesis
Berdasarkan permasalahan di atas,
bersama kelompok rumuskan hipotesismu!
Hipotesis penelitian:
…………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………..
Bahan dan
Alat
·
Toples, gelas kimia volume 250 ml 4 buah
·
Air
·
Air bersih
·
Air sabun
·
Ikan Mas (bisa diganti yang lain) 4 ekor
·
Sabun (sabun mandi, sabun cuci piring,
sabun cuci pakaian) atau deterjen
·
Stopwatch
·
Gelas ukur 250 ml
·
Termometer
·
Kertas lakmus, pH Universal
Merancang Langkah-langkah Eksperimen
Rancanglah
prosedur eksperimen untuk menguji hipotesismu.
Gunakan
gambar di atas untuk memandu Anda dalam menyusun prosedur tersebut dengan
menggunakan berbagai alat dan bahan yang sudah disediakan.
……………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Melakukan Eksperimen
Setelah
rancangan prosedur disusun, laksanakan eksperimennya. Simpanlah perangkat
eksperimen ditempat yang aman.
Perhatian :Jangan lupa
mencuci tangan setelah mengambil ikan atau deterjen dan meletakkan ikan dalam toples!
Hasil
Penyelidikan
Tuliskan hasil pengamatanmu (data)
dan organisasikan dalam suatu tabel.
Analisis
- Mengamati dan inferensi. Apakah perilaku ikan berbeda
antara perlakuan (jenis-jenis deterjen ) itu? Bila ya, bagaimana ? ……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………...
Kesimpulan
- Menyimpulkan. Sebutkan faktor tak
hidup yang diuji dalam eksperimen ini. Sebutkan faktor hidup yang
dipengaruhi ? …………………………………………..
……………………………………………………………………………………………...
- Inferensi. Apakah semua ikan merespon terhadap
perbedaan pH dengan cara yang sama ? Bagaimana Kamu mencari tahu ?Adakah upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah
terjadinya pencemaran tersebut?Bagaimana caranya?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Berpikir
Kritis
4.
Bagaimanakah perilaku ikan
jika di perairan tercemar oleh limbah yang lain, misalnya minyak, pupuk,
pestisida, dan lain-lain?
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
Penguatan
Setelah melakukan penyelidikan di atas, jawablah
pertanyaan berikut.
5.
Dengan menggunakan kalimatmu sendiri,
tuliskan apa yang dimaksud dengan pencemaran lingkungan.
Pencemaran
lingkungan adalah ………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
6. Dengan
memperhatikan hasil penyelidikan dan berbagai pustaka, tuliskan cara-cara untuk
mengurangi pencemaran, khususnya pencemaran oleh limbah deterjen.
Cara-cara mengurangi
limbah deterjen di perairan ……………………………….....
.……………………………………………………………………………………..……………………………………………………………………………………...........................
7. Tuliskan
tiga ciri-ciri pencemaran!………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
8.
Penyelidikan yang telah
kamu lakukan termasuk jenis pencemaran yang mana? Mengapa termasuk jenis
pencemaran tersebut? ……………………………………. ………………………………………………………………………………………………
9.Tuliskan contoh lingkungan yang tercemar!……………………………………………………………………………………………..……………………………………………………………………………………………..
9.Tuliskan contoh lingkungan yang tercemar!……………………………………………………………………………………………..……………………………………………………………………………………………..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar